Bagaimana Alih Daya Proses Bisnis / Business Process Outsourcing (BPO) Membantu Anda

Dalam Sebuah Penelitian Menyebutkan, 88% Alih Daya Proses Bisnis / Business Process Outsourcing (BPO) membantu standarisasi dan efesiensi proses, dan 84% bisa membantu efisiensi Biaya.

Apakah Alih Daya Proses Bisnis / Business Process Outsourcing (BPO) itu?

Dalam dunia usaha B2B, dikenal bisnis model layanan yaitu Layanan Alih Daya Proses Bisnis atau Business Process Outsourcing (BPO),

BPO sendiri adalah sebuah usaha yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kuasa atau pekerjaan alih daya kepada BPO provider / penyedia layanan BPO dalam rangka meningkatkan bisnis dan efisiensi biaya dengan cara melakukan prioritas kepada proses bisnis utama, sedangkan proses bisnis pendukung diserahkan kepada pihak ketiga penyedia layanan BPO tersebut.

Beberapa Alasan Kenapa harus BPO

Sebuah perusahaan tentunya harus memiliki pertimbangan yang kuat dan memahami kapan mereka menerapkan BPO atau tetap fokus dengan menggunakan sumber daya internal,

Beberapa Alasan Perusahaan sudah saatnya menerapkan BPO adalah :

  1. Kekurangan sumber daya internal baik itu dari sisi People (Tenaga Ahli), Proses ataupun Teknologinya
  2. Membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan Perbaikan dan Transformasi Proses Bisnis jika menggunakan Proses Internal
  3. Membutuhkan Biaya yang lebih besar jika memaksa melakukan penambahan sumber daya internal untuk proses Perbaikan dan Transformasi Proses Bisnis
  4. Sudah mencoba melakukan secara mandiri Perbaikan dan Transformasi proses bisnis namun masih belum optimal dalam penerapannya hingga dalam situasi tertentu dianggap gagal oleh Top Management Perusahaan

 

Kunci dalam Memilih Penyedia BPO

Dalam proses menentukan penyedia BPO untuk mendukung Perbaikan dan Transformasi Proses Bisnis Perusahaan diperlukan pertimbangan yang akurat dan matang, dikarenakan kesalahan memilih BPO provider bisa menyebabkan kegagalan implementasi hingga menimbulkan potensi kerugian Biaya dan paling utama adalah kerugian Waktu dalam rangkain proses Peningkatan Bisnis Perusahaan.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih perusahaan mitra atau pihak ketiga penyedia BPO sebagai berikut :

  1. Pemahaman dan kemampuan analisa yang cukup kompeten mengenai organisasi, bisnis dan industri perusahaan
  2. Terbukti memiliki kapasitas dalam memberikan layanan BPO, dengan pengalaman dari perusahaan penyedia ataupun tenaga ahli terkait, baik untuk menjadi mitra saat ini hingga untuk kebutuhan jangka panjang dan berkelanjutan
  3. Menjaga prinsip-prinsip Integritas baik sebagai kultur perusahaannya ataupun karakter dari para talenta / tenaga ahlinya, dengan pemahaman dan kepatuhan kepada keamanan dan kerahasiaan data perusahaan klien
  4. Fokus kepada implementasi layanan BPO dengan Kualitas yang terukur dan termonitor dengan baik, dengan menunjukkan track record SLA (Service Level Agreement) dan Kepuasan Pelanggan yang tinggi
  5. Perusahaan yang berorientasi dan fokus dengan tujuan membantu mendukung Peningkatan Bisnis Perusahaan Klien nya secara berkelanjutan
  6. Lokasi Geografis dan Jangkauan Layanan bisa fleksibel dan luas

 

PT Genta Semesta Teknologi, sebagai salah satu penyedia Layanan BPO yang sudah terbukti dengan SLA 98% dan Kepuasan Pelanggan yang tinggi, fokus kepada bagaimana menjalin relasi Bisnis mendukung Bisnis,

dimana goal / tujuan dari Layanan BPO selalu memberikan prioritas kepada KPI peningkatan Bisnis dari Perusahaan Klien, khususnya mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Benefit Menggunakan Layanan BPO

Beberapa keuntungan bekerja sama dengan mitra BPO yang terpercaya seperti PT Genta Semesta Teknologi adalah sebagai berikut :

  1. Efisiensi Financial / Biaya, Pemilihan mitra penyedia BPO yang tepat dan terpercaya dengan akurasi Service Level Layanan di atas 90% akan menjamin Perbaikan dan Transformasi Proses Bisnis berhasil dan efektif   tepat waktu
  2. Peningkatan Kemampuan berinovasi, Dengan bantuan pihak ketiga mitra penyedia BPO yang kompeten dan terpercaya seperti PT Genta Semesta Teknologi, akan meningkatkan daya kompetitif perusahaan di persaingan pasar seiring dengan peningkatan kemampuan berinovasi secara cepat dan berkelanjutan serta terukur
  3. Peningkatan Fleksibilitas dan Pengembangan Bisnis, Penerapan BPO dengan mitra penyedia Layanan yang tepat, tentunya bisa mendorong perusahaan fokus kepada pengembangan Proses Bisnis Inti, sehingga bisa lebih fleksibel dan adaptif dalam menentukan strategi dan kebijakan bisnis kedepannya
  4. Penerapan Teknologi yang Optimal, Dengan menggunakan layanan Mitra BPO yang tepat khususnya dalam pemilihan teknologinya, akan mendukung efisiensi yang cukup tinggi dalam penerapan dan pengembangan teknologi baru dan mengurangi resiko kesalahan pemilihan teknologi hingga penggunaan teknologi yang tidak sesuai kebutuhannya

 

Secara spesifik, keuntungan menggunakan BPO berdasarkan salah satu penelitian dari Delloite (2021) adalah sebagai berikut :

88% tercapainya standarisasi dan efisiensi proses;
84% mendukung tercapainya penghematan biaya;
73% membantu mendorong nilai bisnis;
61% mendukung percepatan agenda digital;
59% terkait meningkatnya mengembangkan kemampuan; dan
36% mendukung keputusan strategi dan rencana bisnis secara keseluruhan.

Bagikan:
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Terbaru