Sumber Daya Waktu

Sumber daya waktu adalah salah satu sumber daya. Pembahasan mengenai jenis – jenis sumber daya bisa di klik di tautan ini. Tulisan ini secara spesifik hanya akan membahas mengenai manajemen waktu. Dalam mengelola sumber daya waktu, banyak cara yang digunakan oleh seseorang atau kumpulan orang. Menurut pengalaman dan ilmu yang Genta bisa dapatkan, beberapa diantaraya sebagai berikut:

  1. Membuat seperti air yang mengalir. Tipe ini sangat melihat dari peluang yang muncul dan mood dalam mengerjakan suatu aktifitas. Kelebihan tipe ini adalah rendahnya stress diri dan dapat melihat setiap hari adalah suatu hal yang seru karena bisa dibilang tidak ada perencanaan waktu sama sekali atau bisa dibilang sedikit.
  2. Membuat perencanaan yang rigid. Setiap jam sudah di jadwalkan suatu aktifitas tertentu. Tipe ini menbutuhkan kedisiplinan diri untuk bisa memastikan setiap perencanaan bisa dilaksanakan dengan baik. Tipe ini juga biasanya memiliki kecenderungan memiliki kemampuan perencanaan yang baik karena membutuhkan prediksi jadwal yang oke. Kecenderungan tipe ini juga tidak menyukai deadliner atau orang yang mengerjakan pekerjaan lebih banyak mendekati deadline. 
  3. Membuat perencanaan pada hal – hal yang mudah terlupa. Hal – hal yang menjadi rutinitas tidak dibuatkan jadwalnya seperti: makan, minum, beribadah, mandi, tidur, dan lain lain. Hanya hal – hal mengenai pekerjaan, janji temu dan hal – hal lainnya yang penting dan bukan menjadi rutinitas.

Kita akan menggunakan yang mana? Itu akan sangat tergantung dari beberapa faktor seperti:

  1. Kebiasaan diri
    • Apabila kita sudah terbiasa untuk melakukan jadwal rutin tanpa mengingat, maka tipe nomor tiga mungkin yang tepat.
    • Apabila kita tidak terbiasa ada jadwal, lebih nyaman dengan suka – suka kita saat itu, maka tipe nomor satu mungkin yang lebih tepat.
    • Apabila kita senang dengan pengaturan bahkan kepada hal yang kecil, maka kita bisa menggunakan tipe nomor dua.
  2. Tingkat Disiplin dalam membuat jadwal
    • Apabila kita memiliki tingkat disiplin yang kuat, maka nomor dua lebih baik.
    • Apabila kita memiliki tingkat disiplin yang medium, maka nomor tiga lebih baik.
    • Apabila kita memiliki tingkat disiplin yang lebih rendah, maka nomor satu lebih baik.
  3. Kemudahan merubah jadwal yang sudah dibuat
    • Apabila kita sangat strict denga jadwal, maka tipe nomor dua lebih tepat.
    • Apabila kita masih bisa merubah jadwal tapi tidak juga terlalu santai, maka tipe nomor tiga lebih tepat.
    • Apabila kita sangat loose dengan jadwal, jadwal tidak menjadi suatu penghalang kita. Bahkan merubah jadwal sekejap itu bisa, maka tipe nomor satu mungkin yang lebih tepat.
  4. Tujuan yang ingin dicapai
    • Apabila kita ada sesuatu hal yang ingin dicapai dalam hidup, dan itu bisa tercapai dengan perencanaan matang, maka tipe nomor dua adalah yang tepat.
    • Apabila kita memiliki tujuan tapi tidak begitu ngoyo dalam mengejarnya, mungkin tipe nomor tiga adalah yang tepat.
    • Apabila kita tidak ada sesuatu hal yang dituju dalam hidup atau hanya ingin menikmati hidup saat ini, maka tipe nomor satu adalah yang tepat.
  5. Kekuatan ingatan
    • Apabila kita memiliki kekuatan ingatan yang baik, maka tipe nomor dua adalah yang tepat.
    • Apabila kita kadang ingat sekali dan kadang terlupa, maka tipe nomor tiga adalah yang tepat.
    • Apabila kita tidak ingin terlalu banyak mengingat, maka tipe nomor satu adalah yang tepat

Termasuk yang mana kah Anda?

Manajemen waktu sedikit banyaknya akan melibatkan dua kata kunci yaitu: TUJUAN dan PRIORITAS. Apabila seseorang tidak memiliki tujuan, maka tidak ada urgensi untuk membuat sebuah pengaturan waktu. Apabila sudah memiliki tujuan, maka seseorang bisa menentukan prioritas dirinya dalam membuat sebuah jadwal kegiatan.

Setiap diri kita sudah dibekali dengan waktu 24 jam setiap harinya. Waktu ini bisa kita gunakan untuk apapun yang kita inginkan. Baik kita lakukan dengan pengaturan yang baik atau yang buruk. Indikator baik atau buruk akan sangat tergantung dari diri kita dan yang memberikan kita sumber daya waktu tersebut.

Pembahasan mengenai masing – masing tipe akan dibahas pada halaman lainnya. Apabila kawan – kawan ada ide mengenai tipe lainnya silahkan berdiskusi di kolom komentar.

 

Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *